Haaai, folks! Apa kabar? Selamat Idul Fitri ya untuk yang merayakannya :)
Oke, jadi dengan judul ini, saya disarankan seorang teman untuk membuat entri curhat Q&A dari orang-orang yang curhat sama saya. Saya memakai nama panggilan orang-orang yang curhat sama saya untuk menyamarkan saja supaya yang curhat juga nggak malu-malu banget :P
Let's start!
Billy (dari ask.fm) : mau nanya, knp gw selalu di friendzone sama cewek? knp begitu? biasanya alesan cewek apa? thx.
Answer : Billy yang bad luck kayak Brian, sini aku jawab ya :) kamu sering di friendzone cewek? Hahaha, aduh sabar yaa. Aku punya beberapa jawaban sih buat kamu. Yang pertama, emang si cewek nggak suka sama kamu, atau malah terlalu suka. Iya kamu nggak salah baca. Terlalu suka. Seorang cewek, kalo udah terlalu suka sama cowok, biasanya dia akan menghindari hubungan yang terlalu mengikat, karena dia khawatir ntar kalo putus, hubungan kalian berdua nggak akan sama lagi. Singkatnya, hubungan kayak gini disebut HTS. Saya ngerti kamu cowok, karena ego-mu gede, dan pasti butuh kepastian. Jadi ya sekarang pilihannya di tangan kamu aja. Mau ngikutin si cewek yang ngefriendzone karena takut kehilangan, atau ya kamu cari cewek lain aja yang bisa ngashih kepastian. Keep loveable, bro ;)
Tania (dari chat fb) : Hachan, aku mau nanya :'( kalo cowok nggak peka itu kenapa? Harus diapain biar peka? Aku capek nolak-nolakin cowok buat dia doang, tapi dia yang aku suka malah nggak sadar sama sekali. Aku harus gimana? Aku sayaang sama dia loh. Kamu pernah ngalamin kayak gini gak? Makasih sebelumnya.
Answer : Panjang banget curhatnya wakakak. Maaf ya aku singkat ke intinya aja :p . Oke, Tania yang tercakiti(?) aku jawab ya. Cowok itu sebenarnya bukan nggak peka. Tapi mereka adalah makhluk peragu. Asumsi mereka terhadap sesuatu itu tinggi; sehingga mereka sering pusing sendiri, apakah asumsi mereka benar atau salah (yang keseringan salah sih HEHE). Jadi, yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan dia kalau asumsinya terhadap kamu itu benar. Caranya biar dia peka? Well, apa susahnya kamu ngomong langsung sama dia, apa yang kamu rasain, apa yang kamu pikiran? Tania, cowok itu BUKAN SELALU Deddy Corbuzier yang bisa nebak pikiran kamu, perasaan kamu, dan mereka nggak suka menebak-nebak sesuatu yang abstrak, karena nggak masuk akal. Kamu sayang sama dia? Bagus dong. Masalahnya, dia pantes enggak disayangin sama kamu? Jangan dibutakan sama rasa sayang ya ;) dengarkan kata otak kamu juga. Cinta itu sedikit membutuhkan LOGIKA. Apa yang lebih indah dari sebuah hubungan yang saling mengerti? ;) keep spirit, girl!
Resianna (dari chat fb) : Han, kenapa sih cowok gue suka ngelarang2 gue ini itu? Tapi dia sendiri kalo gue larang-larang malah marah. Gak pernah punya waktu buat gue dia main game terus sama temen-temennya. Terus gue malah dipaksa nemenin dia main game padahal gue enggak suka. Harus gimana?
Answer : Ckckck, masih ada ya cowok kayak gitu? Kirain udah punah bersama dinosaurus. #disepak. Resi yang sabar banget, denger yaa. Cowok kayak gitu egois. Bukan tipikal cowok pengertian. Apa selama ini kamu enggak makan hati? Kemungkinannya sih ada dua ya kalo cowok begitu. Pertama, dia terlalu sayang sampe "mendominasi" hidup kamu, atau yang kedua, dia kekanak-kanakan. Mau umur berapapun dia, dia tetaplah seorang bocah laki-laki. Sampai kapanpun sifat kekanak-kanakannya itu pasti ada. Masalahnya, kamu mau naungin dia terus apa enggak? Banyak cewek ingin dimengerti, tapi nggak mau ngerti. Jangan sampe kamu termasuk cewek kayak gini, ya. Coba, kalo dia ngelarang-larang kamu, tanya alesannya apa, kalo perlu sampe debat segala ya nggak apa-apa. Inget. Kamu BUKAN MILIK DIA. Dan dia juga bukan milikmu. Kamu dan dia adalah individu yang bebas, menentukan apapun yang terbaik buat diri sendiri (selama hal tersebut positif, ya). Dia cuma pacar. Apa haknya? Dia maksa kamu nemenin main game tapi kamu enggak suka? Ya bilang aja terus terang. Kamu harus terbuka sama dia, biar nggak ada yang ditutup-tutupi. Dia malah marah? Berarti dia nggak sayang sama kamu. Be realistic, be proud to be a woman! ;)
Alvin (dari pm ffn) : Author-chan, katanya mulai buka consultant, ya? Mau dong curhat dikit. Saya baru-baru ini putus sama cewek saya. Tapi terus abis putus, dia ke saya ya biasa aja kayak waktu masih pacaran. Kita tetep sms-an, chat, telpon, masih perhatian gitu. Saya bingung, jadi kenapa dia mutusin, ya? Arigatoo.
Answer : Sebenernya aku rada geli dipanggil "Author-chan" HEHEHE #dor. Tapi it's okay, Alvin yang baru putus. Baca jawabanku yaa ;) . Cewek itu makhluk yang logikanya susah dimengerti. Kelihatannya simple, tapi sebenernya nggak. Jadi, ada dua kemungkinan di sini; pertama, dia masih sayang kamu, tapi ada suatu alesan yang dia tidak bisa jelaskan ke kamu makanya dia mutusin, atau yang kedua ... selama pacaran sama kamu, sebenernya dia nggak pernah suka ._. *jeng jeeeng* jadi pas putus, dia merasa biasa aja. Dia ngerasa nggak ada yang berubah di dalam hidupnya. Dia merasa "ramah" bukan "perhatian" sebagai TEMEN ke kamu. Mungkin juga waktu pacaran dia udah merasa begitu. Nggak ada yang tau kecuali hatinya sendiri. Nah, yang saya ingin tau, apa kamu masih sayang sama dia apa enggak? Kalo iya, coba tanya baik-baik alesannya apa. Terus kamu yang memutuskan apa alesannya bisa diterima LOGIKA apa enggak. Jangan pakai hati. JANGAN. Kalo pake hati, keputusanmu nggak akan objektif terhadap alesannya. Jangan mudah putus asa dalam menjalin sebuah hubungan. Selama masih bisa lanjut, jangan bilang nggak bisa, oke? Much love from me, bro ;)
Akashi (dari ask.fm) : kak Han pernah pacaran beda agama kan? aku suka sama orang beda agama nih kak... gmn dong baiknya? komitmen pacaran sama orang beda agama itu gimana ? susah ya kak pasti? :"
Answer : Hahah. *ketawa miris* baiknya gimana? Hmmh, waktu masih naksir-naksir juga aku ada perasaan kayak kamu gini. Beda agama, agak ragu ke depannya gimana ntar. Tapi ya gitu. Begitu cinta itu di depan mata, rasanya otak lumpuh sekejap. Main api dengan cinta yang berbeda #apasih. Semua komitmen itu tidak ada yang gampang sih pasti. Mau agamanya sama atau beda, ya namanya komitmen itu tidak mudah dijalani. Nah bedanya, beda agama itu, komitmen yang kamu bangun harus sangat kokoh, ditambah toleransi, hargai perbedaan, jangan saling memengaruhi, saling mendukung agama pasangan masing-masing, dan biarkan cinta di hati kamu yang menyatukan kalian. Tapi ya, aku saranin aja, sebaiknya sih, kalau bisa sih, jangan pacaran sama orang beda agama ... awalnya aja indah. Lama-lama kamu bakal nerima kecaman di mana-mana. Jujur, yang paling berat itu kamu menerima kecaman dari keluarga. Nggak enak kan pasti kalo orangtuamu aja nggak ngedukung, dan menentang habis-habisan? Okelah kalau kalian mau menjalaninya bersama-sama. Saling mendukung. Tapi mau gimana? Mau sampai kapan? Bahkan di dunia fiksi, orang yang punya cinta beda agama berakhir 'menggantung' nggak jelas akhirannya gimana. Apalagi di dunia nyata? Akashi, walau gereja Katedral dan mesjid Istiqlal berseberangan, tapi umatnya nggak ditakdirkan untuk bersatu. Sayangi Tuhan dan dirimu sendiri terlebih dulu, ya? ^^
Kevin (dari chat fb) : Han, gue iseng curhat yak. Pengen nanya aja sih. Kenapa cewek maunya dingertiin terus tapi gamau ngertiin cowoknya? salah penuh cinta dari gue :P
Answer : Pertanyaan mainstream yang SANGAT egois. Sekarang coba pake logika dari kedua belah pihak, ya. Logika cewek, seperti yang saya sebutkan di answer untuk Alvin, memang susah dimengerti. Nah, sementara itu, logika cowok sangat-sangat simple (sehingga mudah banget buat dibaca apa yang ada di pikirannya. Hei cewek itu punya indera keenam untuk tahu apa yang ada di pikiran cowoknya. Saya nggak bohong. Walau kebanyakan cewek diem aja ngikutin kebohongan cowoknya yang saya nggak ngerti, entah buat apa diikutin -__-) dan tidak serumit cewek. Nah, mari kita gabungkan. Cewek yang rumit, selalu ingin dimengerti kerumitannya; sehingga dia cenderung uring-uringan dan ngambek sendiri saat logika cowok yang sederhana itu "gagal" mengerti. Hal ini yang menimbulkan asumsi kalo cewek "tidak mau mengerti" dan akhrinya cowok menyerah untuk mengerti. Singkatnya, benar cewek yang nggak mau ngertiin ... atau justru cowok yang tidak mau mengerti? Paradigma yang unik. Belum bisa dipecahkan sampai sekarang. Tuhan menciptakan wanita dari tulang rusuk lelaki. Tanpa wanita di sisi lelaki, hidup lelaki itu tidak akan sempurna. Begitupun wanita, hidup tanpa lelaki sama aja hidup tanpa sandaran untuk berlindung. Saling mengerti, saling toleransi. Jangan saling menyalahkan. Itu kuncinya ;).
Anjani (dari ask.fm) : Kak, jawab serius ya. cowok kenapa suka ngephp-in cewek? :'( aku korban nih... udah terbang jauh'' eh dijatohin keras banget.
Answer : Aduh, ini lagi. Kasus mainstream hahaha *ketawa dulu ah* Anjani yang manis dan merasa jadi korban php, sini sini kakak kasihtau yaak. Yakin emang cowoknya php atau kamunya aja yang kegeeran? :P Hayooo. Jangan-jangan emang dia orangnya baik, ramah, manis sama semua orang, terus kamu ngerasa jadi spesial karena dia begitu? Hehe, jangan ah :) kasian hati kamu nanti sakit. Coba yaa, tolong bedain "ramah" dan "perhatian" itu berbeda. Kalo tanda yang dia kasih sama aja ke orang-orang lain ama ke kamu, mending kamu balik kanan-bubar-jalan, atau jaga jarak aja. Jaga-jaga gitu, kan takutnya ntar merasa dispesialin sama dia. Lagian, kalau kamu teliti, ada perbedaan signifikan antara cowok yang memberi perhatian tulus, atau hanya sekadar ramah, lho. Coba, pelan-pelan aja yaa :) jodoh nggak ke mana kok. Respect and love yourself first, okay? ;)
Sekian dulu. Kamu mau curhat juga? Boleh. Hubungi saya dari ask.fm : hannachaan, atau twitter; @hannachaan, atau facebook; https://www.facebook.com/hanna.tazkiyaa
Byebye, folks! XD

Tidak ada komentar:
Posting Komentar